Kumpulan Bacaan Doa Sehari Hari Lengkap dan Artinya - Idmuslim.com

Himpunan Doa Sehari Hari Praktis Yang Dapat Diaplikasikan Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Friday, September 18th, 2015 - Do'a

Idmuslim.com – Sampai saat ini doa doa sangatlah banyak dan menurut bahasa doa adalah memanggil berbeda dengan istilah syara’ yang doa artinya itu adalah memohon pertolongan dan sesuatu yang bermanfaat kepada Allah SWT. Sebagai umat agama Islam kita sudah selalu di wajibkan berdoa kepada Nya dalam aktifitas sehari hari kita guna meminta pertolongan kepada nya. Dan berdoa ini sangat di anjurkan untuk kita para umat muslim supaya kita senantiasa berada dalam lindungan Nya.

Doa Sehari Hari

Doa sehari hari sangatlah beragam ragam dan dapat kita gunakan di dalam kehidupan kita sehari hari, doa doa itu juga meliputi dengan apa yang akan kita lakukan dalam keseharian kita, siapa yang tidak menginginkan jika diri kita berada dalam lindungan Allah SWT tentunya setiap orang juga pasti ingin dilindiungi entah itu orang yang beriman maupun sebaliknya dan merupakan hal yang umum yang sering kita gunakan di saat kita dalam kesulitan maupun di dalam keinginan kita.

Doa Sehari Hari

Tidak hanya doa yang selalu kita panjatkan kepada Allah SWT kita juga harus senantiasa beribadah dan menjalankan apa yang di perintahkan oleh Nya seperti beribadah contoh nya shalat yang merupakan suatu kewajiban dan merupakan tiang agama, kita juga harus terus bersabar dalam setiap hal yang kita inginkan atau yang kita panjatkan dalam doa tersebut.

Tentunya doa sangat memiliki makna dan memiliki kekuatan dari doa itu sendiri, banyaknya doa yang telah Allah dan para Nabi sampaikan kepada kita hingga saat ini sangatlah banyak, adapun dari kita yang sanggup menghafal banyak doa doa dan hanya sanggup menghafal doa doa yang ada dalam keseharian kita. Sudah sebaiknya kita banyak banyak mengucap doa kepada Allah karena beliau lah yang satu satu nya yang harus kita sembah dan tiada sesuatu yang dapat kita panjatkan doa selain kepada Nya.

Doa Sehari Hari

Berikut ini adalah beberapa Doa Sehari Hari yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari hari yang Insya Allah dapat beliau kabulkan selama kita mengamalkan dengan baik, benar dan senantiasa bersabar karena Nya

Doa Sehari Hari :

DO’A SEBELUM/HENDAK MAKAN

اللهم بارك لنا فيما رزقتنا وقنا عذاب النار
Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaar Bismillahirrahmaaniraahiim.

Artinya : Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)

DO’A SESUDAH MAKAN

الحمد ﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻃﻌﻤﻨﺎ ﻭﺳﻘﺎﻧﺎ ﻭﺟﻌﻠﻨﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ
Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiin

Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud)

الحمد لله الذي أطعمني هذا ورزقنيه من غير هول مني ولا قوة
Alhamdulilaahilladzi ath’amanii hadzaa wa razaqaniihi min ghayri hawlin minnii wa laa quwwatin.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini dan melipahkannya kepadaku tanpa daya dan kekuatanku. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

DO’A SEBELUM / AKAN TIDUR

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ
Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam (HR. Bukhari)

DO’A MIMPI BURUK / TIDAK BAIK

اللهم إني أعوذ بك من عمل الشيطان وسيئات الأحلام
Allaahumma innii a’uudzu bika min ‘amalisy syaythaani, wa sayyi’aatil ahlaami

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as-Sani)

DO’A SESUDAH DUDUK BANGUN TIDUR

لاإله الا أنت سبحانك اللهم زدني علما ولا تزغ قلبي بعد إذ هديتني وهب لي من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب
Laa ilaaha illaa anta subhaanaka allahuma zidnii ‘ilman wa laa tuzigh qalbii ba’da idz hadaitanii wa hablii min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu.

Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi. (HR. Abu Daud)

DO’A MENJELANG SHUBUH

اللهم إني أعوذبك من ذيق الدنيا وذيق يوم القيامة
Allaahumma innii a’uuzdu bika min dhiiqid dun-yaa wa dhiiqi yaumil qiyaamati.

Artinya : Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)

DO’A MENYAMBUT DATANGNYA PAGI

أصبحنا وأصبح الملك لله عز وجل والحمد لله والكبرياء والعظمة لله والخلق والأمر واليل والنهار وما سكن فيهما لله تعالي اللهم اجعل أول هذا النهار صلاحا وأوسطه نجاحا وأخره فلاحا يا أرحم الراحمين
Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaahi ‘Azza wa jalla, wal hamdu lillaahi, wal kibriyaa’u wal ‘azhamatu lillaahi, wal khalqu wal amru wallailu wannahaaru wa maa sakana fiihimaa lillaahi Ta’aalaa. Allahummaj’al awwala haadzan nahaari shalaahan wa ausathahu najaahan, wa aakhirahu falaahan, yaa arhamar raahimiina.

Artinya : Kami telah mendapatkan Shubuh dan jadilah segala kekuasaan kepunyaan Allah, demikian juga kebesaran dan keagungan, penciptaan makhluk, segala urusan, malam dan siang dan segala yang terjadi pada keduanya, semuanya kepunyaan Allah Ta’ala. Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan dan pertengahannya suatu kemenangan dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang.

أللهم إني أسألك علما نافعا ورزقا طيبا وعملا متفبلا
Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (h.r. Ibnu Majah)

DO’A MENYAMBUT PETANG HARI

أمسينا وأمسي الملك لله والحمد لله لاإله الا الله وحده لاشريك له اللهم إني أسألك من خير هذه اليلة وخيرمافيها وأعوذبك من شرهاوشرمافيها اللهم إني أعوذبك من الكسل والحرم وسوء الكبر وفتنة الدنيا وعذاب القبر
Amsainaa wa amsal mulku lillaahi walhamdulillahi, laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lahu. Allahumma innii as’aluka min khairi haadzihil lailati wa khhaiiri maa fiihaa, wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarrimaa fiihaa. Allaahumma innii a’udzuu bika minal kasali walharami wa suu’il kibari wa fitnatid dun-yaa wa ‘adzaabil qabri.

Artinya : Kami telah mendapatkan petang, dan jadilah kekuasaan dan segala puji kepunyaan Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan malam ii dan kebaikan yang terdapat padanya dan aku berlindung dengan-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang terdapat padanya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari malas, tua bangka, dan dari keburukan lanjut umur dan gangguan dunia dan azab kubur. (HR. Muslim)

اللهم أنت ربي لاإله إلا أنت عليك توكلت وأنت رب العرش العظيم ماشاء الله كان وما لم يشأ لم يكن لاحول ولاقوة إلا بالله العلي العظيم أعلم أن الله علي كل شيء قدير وأن الله فد أحاط بكل شيء علما اللهم إني أعوذبك من شر نفسي ومن شر كل دابة أنت آخذ بناصيتها إن ربي علي صراط مستقيم
Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta, ‘alaika tawakakaltu wa anta rabbul ‘arsyil ‘azhiimi, maa syaa’allahu kaana, wa maa lam yasya’ lam yakun. Laa haula wa laa quwwata illaa billahil ‘alliyyil ‘azhiimi. A’lamu annallaaha ‘alaa kuli syai’in qadiirun, wa annallahu qad ahaatha bukillin syai’in ‘ilman. Allahumma innii a’uudzu bika min syarri nafsii, wa min syarri kuli daabbatin anta aakhidzun bi naashiyatihaa. Inaa rabbii’alaa shiraathin mustaqiimin.

Artinya : Ya allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang lain kecuali Engkau, kepada-Mu aku bertawakkal, dan engkau adalah penguasa ‘Arasy Yang Maha Agung, apa yang dekehendaki Allah pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya, tidak akan terjadi, tidak ada daya dan uapaya melainkan dengan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Besar. Aku mengetahui bahwa Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu, dan bahwa pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari kejahatan dariku, dan kejahatan setiap binatang yang melata yang Engkau dapat bertindak terhadapnya, sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus.

DO’A MASUK RUMAH

السلام علينا وعلي عباد الله الصالحين اللهم إني أسألك خير المولج وخير المخرج بسم الله ولجنا وبسم الله خرجنا وعلي الله توكلنا الحمد لله الذي أواني

Assalaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish shaalihiina. Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii.

Artinya : Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, bahwasanya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk, dan dengan mneyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri. Segala puji bagi Allah yang telah melindungi kami. (HR. Abu Daud)

DO’A KELUAR RUMAH

بسم الله توكلت علي الله ولا حول ولاقوة إلا باببه
Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

DO’A MENUJU MASJID

اللهم اجعل في قلبي نورا وفي لساني نورا واجعل في سمعي نورا واجعل في بصري نورا واجعل من خلفي ومن أمامي نورا واجعل من فوقي نورا ومن تحتي نورا اللهم أعطني نورا
Allaahummaj’al fii qalbii nuuran wa fii lisaanii nuuran waj’al fii sam’ii nuuran waj’al fii basharii nuuran waj’al min khalfii wa min amaamii nuuran waj’al min fawqii nuuran wa min tahtii nuuran.Allahumma a’thinii nuuran.

Artinya : Ya Allah, jadikanlah dalam qalbuku nur, dalam lisanku nur, jadikanlah dalam pendengaranku nur dan dalam penglihatanku nur. Jadikanlah dari belakang-ku nur dan dari depanku nur. Jadikanlah dari atasku nur dan dari bawahku nur. Ya Allah, berilah aku nur tersebut. (HR.Muslim)

DO’A MASUK MASJID

اعوذ بالله العلي العظيم وبوجهه الكريم وبسلطانه القديم من الشيطان الرجيم الحمد لله رب العالمين اللهم صل وسلم علي محمد وعلي آل محمد اللهم اغفرلي ذنوبي وافتح لي أبواب رحمتك
A’uudzu billahil ‘aliyyil ‘azhiimi. Wa biwajhihil kariimi, wa bisulthaanihil qadiimi minasy syaythaanir rajiimi alhamdu lillahi rabbil ‘aalamiina. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammadin. Allaahumaghfirlii dzunuubii waftah lii abwaaba rahmatika.

Artinya : Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Besar. Dan demi wajah-Nya Yang Maha Mulia dan dengan kekuasaan-Nya Yang tak berpermulaan (berlindung aku) dari kejahatan syaitan yang terkutuk. Segala puji kepunyaan Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, sanjung dan selamatkanlah Nabi Muhammad saw. Dan keluarganya. Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan bukakanlah bagiku segala pintu rahmat-Mu. (h.r. Abu Daud)

اللهم افتح لي أبواب رحمتك
Allaahummaftah lii abwaaba rahmatika.

Artinya : Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu. (h.r. Muslim)

DO’A KELUAR MASJID

اللهم إني أسألك من فضلك
Allaahumma innii as’aluka min fadhlika

Artinya : Ya Allah, aku memohon kepada-Mu karunia-Mu. (HR. Muslim, Abu Daud, an-Nasa’I dan Ibnu Majah)

DO’A MASUK WC TOILET

اللهم إني أعوذبك من الخبث والخبائث
Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaa’itsi.

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan betina. (HR. Bukhari dan Muslim)

DO’A KELUAR WC TOILET

غفرانك الحمدلله الذي أذهب عني الأذي وعافني
Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya : Ku memohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakitku dan telah menyembuhkan/menyelamatkanku. (HR. Abu Daud)

Baca informasi bermanfaat ini : Doa Keluar Rumah

Berita-Terbaru
Himpunan Doa Sehari Hari Praktis Yang Dapat Diaplikasikan Dalam Kehidupan Sehari – Hari | idmuslim | 4.5